Aplikasi Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Hanifah Nuryani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Dwi Wijayanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Endah Hidayati SDN 3 Tamanwinangun Kebumen

Kata Kunci:

konsentrasi belajar, siswa Sekolah Dasar, Project Based Learning (PjBL)

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peningkatan konsentrasi belajar IPS siswa Sekolah Dasar menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 3 Tamanwinangun Kebumen yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskripstif dan analisis interaktif model Miles-Huberman. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata observasi konsentrasi belajar antar siklus meningkat, yaitu 53,4% pada siklus I dan 83,43% pada siklus II. Besar peningkatan persentase konsentrasi belajar adalah 30,04%. Hasil angket konsentrasi belajar siswa juga meningkat dari prasiklus, siklus I, hingga siklus II. Pada prasiklus diketahui rata-rata skor konsentrasi belajar siswa adalah 42,1 dengan kategori rendah. Pada siklus I rata-rata skor konsentrasi belajar siswa meningkat menjadi 48,9 sehingga masuk kategori sedang. Sedangkan pada siklus II rata-rata skor konsentrasi belajar siswa sudah tinggi yaitu 52,6. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan konsentrasi belajar IPS siswa Sekolah Dasar. 

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Nuryani, H., Wijayanti, D. ., & Hidayati, E. (2023). Aplikasi Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 728–736. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1595

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama