Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Negeri 3 Tamanwinangun

Penulis

  • Kharisma Laila Hidayati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Dwi Wijayanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Endah Hidayati SDN 3 Tamanwinangun Kebumen

Kata Kunci:

Hasil belajar, Model Project Based Learning, IPAS

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPAS pada siswa kelas 4 SD Negeri 3 Tamanwinangun dengan menerapkan model Project Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SD Negeri 3 Tamanwinangun yang berjumlah 24 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles-Huberman. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Proses pembelajaran pada pratindakan hasil belajar peserta didik masih rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I, namun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar meningkat menjadi lebih tinggi sehingga dapat mendukung proses pembelajaran yang berkualitas. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPAS kelas 4 SD Negeri Tamanwinangun tahun ajaran 2023/2024.

Kata kunci: Hasil belajar, Model Project Based Learning, dan IPAS

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-03

Cara Mengutip

Laila Hidayati, K., Wijayanti, D., & Hidayati, E. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Negeri 3 Tamanwinangun . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 288–292. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1795

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.