Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar IPAs Kelas IV SD

Penulis

  • Meilinda Dwi Handayani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Heri Maria Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Novia SD Negeri 2 Pacor

Kata Kunci:

Minat Belajar, Project Based Learning

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas IV di SDN 2 Pacor. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV dengan model Project Based Learning pada mata pelajaran IPAS di SDN 2 Pacor. Jenis pada penelitian ini adalah menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi/ evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SDN 2 Pacor yang berjumlah 15 siswa. Data yang dikumpulkan adalah hasil angket minat belajar yang dianalisis menggunakan teknik deskripstif kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN 2 Pacor. Minat belajar siswa kelas IV SDN 2 Pacor pada siklus 1 memperoleh rata – rata 76 termasuk kategori cukup berminat dengan presentasi siswa minimal cukup berminat ke atas adalah 87%. Sedangkan pada siklus II rata – rata 90,53 termasuk kategori sangat berminat dengan presentase siswa yang cukup berminat ke atas adalah 100%. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan minat belajar IPAS kelas IV di SDN 2 Pacor

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Handayani, M. D., Zulfianti, H. M. ., & Ekowati, . N. . (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar IPAs Kelas IV SD. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1179–1186. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1658

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.