Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Treasure Hunt Untuk Meningkatkan Kerjasama Peserta Didik

Penulis

  • Ririn Rubiyanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Heri Maria Zulfianti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Novia Ekawati SD Negeri 2 Pacor Purworejo

Kata Kunci:

kerjasama, Project based learning, Treasure hunt

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama peserta didik dalam menerapkan model project based learning berbasis treasure hunt. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian yang digunakan yaitu project based learning berbasis treasure hunt. Penelitian ini menggunakan model spiral C. Kemmis & Mc Taggart dengan pelaksanaan 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Instrumen penelitian menggunakan butir soal dan lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas II yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif hasil kerjasama peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan 2 siklus pembelajaran mencapai indikator keberhasilan yaitu 80% peserta didik kelas II memperoleh skor kerjasama sangat aktif. Selain itu juga terjadi peningkatan pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus menghasilkan rerata sebesar 60,68% dengan kategori “kurang aktif”. Pada siklus 1 menghasilkan rerata sebesar 78,25% dengan kategori “cukup aktif”. Pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan skor rerata 92,17% dengan kategori “sangat aktif”. Berdasarkan data yang diperoleh, adanya peningkatan kerjasama peserta didik menggunakan metode problem based learning berbasis treasure hunt kelas II muatan bahasa Indonesia di SDN 2 Pacor.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-24

Cara Mengutip

Rubiyanti, R., Zulfianti, H. M. ., & Ekowati, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Treasure Hunt Untuk Meningkatkan Kerjasama Peserta Didik. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 936–944. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1784