Penerapan Model Problem Base Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III di Sekolah Dasar

Penulis

  • mustofa mahendra ust
  • Maria
  • Novia Ekowati

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas III di Sekolah Dasar pada materi bilangan cacah melalui model PBL kelas III SDN 2 Pacor Purworejo. Hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas III SD N 2 Pacor Purworejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 2 Pacor Purworejo yang berjumlah 18 orang siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 8 perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar pembelajaran tematik siswa yang diperoleh dari keseluruhan proses pembelajaran menggunakan model PBL. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditujukkan dengan adanya peningkatan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata skor 70 dengan prosentase keberhasilan 57%. Sedangkan pada siklus II mendapatkan rata-rata 78 dengan prosentase keberhasilan 85%. Maka dari itu terjadi peningkatan sebesar 28%, sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada materi bilangan cacah maka diharapkan sekolah dapat menggunakan model tersebut dalam kegiatan belajar mengajar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23

Cara Mengutip

mahendra, mustofa, Zulfianti, H. ., & Ekowati, N. . (2023). Penerapan Model Problem Base Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III di Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 159–162. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1597