Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS melalui Model Project Based Learning di Kelas IV B SD Ngoto

Penulis

  • Amalia Noviansari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Istiqomah
  • Rodhiyati Fajriyah

Kata Kunci:

minat belajar, IPAS, Project Based Learning

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujun untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS melalui model Project Based Learning di Kelas IVB SD Ngoto. Subjek penelitian ini adalah kelas IVB SD Ngoto yang berjumlah 20 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan mengacu pada model  yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik kelas IVB SD Ngoto dapat ditingkatkan melalui penerapan model Project Based Learning. Peningkatan minat belajar dapat dilihat dari hasil observasi minat belajar peserta diperoleh hasil pratindakan 42,80%, kemudian pada siklus I meningkat sebesar 58,77%, dan pada siklus II meningkat menjadi 78,83%. Berdasarkan hasil angket minat belajar peserta didik diperoleh hasil pratindakan 48,20%, kemudian pada siklus I meningkat sebesar 62,80%, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,14%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Project Based Learning pada pembelajaran IPAS dapat meningkatakan minat belajar peserta didik kelas IVB SD Ngoto.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Noviansari, A., Istiqomah, & Fajriyah, R. . (2023). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS melalui Model Project Based Learning di Kelas IV B SD Ngoto. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 402–412. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1789