Peningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Time Token Arends di SD Ngoto Bantul

Penulis

  • Esti Rifka Vebiana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Istiqomah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rodhiyati Fajriyah SD Ngoto Yogyakarta

Kata Kunci:

Percaya Diri; Time token, Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Rendahnya percaya diri siswa dapat menghambat siswa dalam mengembangkan
kemampuannya, sehingga tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di kelas tiga SD Ngoto dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe time token Arends. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 28 siswa dan berlangsung dalam dua siklus. Data
dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan
teknik kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah minimal 75% siswa
memiliki kepercayaan diri yang tinggi atau sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif menghasilkan peningkatan kepercayaan diri siswa
yang signifikan. Pada siklus pertama, rata-rata kepercayaan diri, yang diukur melalui observasi,
adalah 71,70%, meningkat menjadi 80,58% pada siklus kedua. Hasil kuesioner juga meningkat
dari 71% pada siklus pertama menjadi 81,03% pada siklus kedua. Secara keseluruhan,
penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends
berhasil meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas III SD Ngoto

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Vebiana, E. R., Istiqomah, I., & Fajriyah, R. (2023). Peningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Time Token Arends di SD Ngoto Bantul. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 484–497. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1612