Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Project Based Learning di Kelas II A SD Ngoto

Penulis

  • Nur fauzan ardianto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Istiqomah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rodhiyati Fajriyah SD Ngoto

Kata Kunci:

matematika, motivasi belajar, model pembelajaran project based learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik mata pelajaran Matematika dengan penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) pada peserta didik kelas II A SD Ngoto. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika kelas II A SD Ngoto. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II A SD Ngoto yang berjumlah 29 peserta didik terdiri dari 15 laki-laki dan 14 perempuan. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar dan model pembelajaran project based learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran project based learning, motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan motivasi belajar dilihat dari rata-rata presentase angket motivasi belajar pada siklus I sebesar 69,74% dan siklus II sebesar 80,09% dan keterlaksanaan model pembelajaran pada siklus I sebesar 85% dan siklus II sebesar 100%.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-04

Cara Mengutip

ardianto, N. fauzan, Istiqomah, & Fajriyah, R. . (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Project Based Learning di Kelas II A SD Ngoto. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1313–1320. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1780