Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS dengan Menggunakan Model PjBL di Kelas V SDN Monggang Pundong

Penulis

  • Ade Lia Firda Rahma Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ermawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

IPAS, Motivasi Belajar, Project Based Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPAS pada peserta didik kelas V SD Negeri Monggang Pundong dengan menggunakan mode pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas V yang berjumlah 17 peserta didik. Penelitian ini menggunakan Metode Kemmis dan Mc Taggart yang berlangsung dalam dua siklus tindakan. Teknik  pengumpulan data melalui observasi dan angket. Teknik analisis analisis data menggunakan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas V SDN Monggang Pundong. Motivasi belajar siswa dapat meningkat melalui berbagai proses. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Model pembelajaran PjBL dilakukan secara berkelompok yang membuat peserta didik aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan kegiatan pembuatan produk yang dilakukan dengan  langkah-langkah: merancang pertanyaan mendasar, menyusun rencana  pembuatan produk, menjalankan pembuatan produk,memantau perkembangan pembuatan produk, penilaian hasil produk, evaluasi. Produk yang dihasilkan pada siklus I adalah terrarium. Sedangkan pada siklus II produk yang dihasilkan adalah diorama rantai makanan. Peningkatan motivasi belajar peserta didik dilihat dari hasil observasi dan angket. Hasil observasi pada siklus I sebesar 47% dan pada siklus II meningkat menjadi 76%. Hasil angket pada siklus 59% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Rahma, A. L. F., & Ermawati. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS dengan Menggunakan Model PjBL di Kelas V SDN Monggang Pundong. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 894–901. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1679