Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPAS melalui Model Projet Based Learning pada Kelas V SD
Kata Kunci:
motivasi, hasil belajar, Project Based LearningAbstrak
Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPAS dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas V SD Negeri Prembulan Kulon Progo 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model spiral oleh C. Kemmis dan MC. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Prembulan Kulon Progo dengan jumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode deskriftif komparatif dengan membandingkan hasil dari pra siklus sampai siklus II. Pada pra siklus persentase motivasi belajar siswa terdapat 73,8%, kemudian secara bertahap meningkat menjadi 81,8% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,3%. Meningkatnya motivasi siswa dalam belajar juga berdampak pada hasil belajar siswa, dimana pada pra siklus memperoleh persentase 23,5%, dan meningkat secara bertahap dengan persentase 64,7% pada siklus I, sedangkan untuk siklus II meningkat dengan persentase sebanyak 88,2%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Project Based Learning mampu membantu siswa dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS.
Kata Kunci: motivasi, hasil belajar, Project Bades Learning