Meningkatkan Hasil belajar dan Literasi dengan Model Project Based Learning untuk kelas 2 SD

Penulis

  • Isnanin Aisyah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Abdul Rahim Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Krisdiyanto SD Negeri Prembulan, Yogyakarta

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Literasi, Matematika, Project Based Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan literasi matematika peserta didik kelas II SD Negeri Prembulan dengan menggunkan model Project based learning. Penelitian ini menggunakan metode Peneltian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan subjek peserta didik sejumlah 21. Tujuan dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan literasi matematika di kelas II SD Negeri Prembulan. Hal ini dapat kita lihat dari hasil  tes dari 2 siklus menunjukkan kenaikan sebanyak 22,1%. Nilai rata-rata tertinggi pada siklus II yaitu 80,95%  sudah masuk keadalam kategori ”Bagus” yang  telah berhasil dicapai oleh 17 peserta didik. Data tersebut menunjukkan selama proses dua siklus, peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar sebanyak 22,1%. Peningkatan Literasi Matematika dapat dilihat  dari ketercaaian 4 indikator menurut PISA yang telah diintegrasikan dengan soal tes yang ada di dalam pembelajaran. Ketercapaian peserta didik yang memenuhi 4 indikator pada dua Siklus sebanyak 19,04% dengan adanya peningkatan dari dua hasil tersebut menunjukkan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan literasi matematika di kelas 2 SD.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-06

Cara Mengutip

Aisyah, I., Rahim, A. ., & Krisdiyanto. (2023). Meningkatkan Hasil belajar dan Literasi dengan Model Project Based Learning untuk kelas 2 SD. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 37–42. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1628

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama