UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GIRIPURWO KULON PROGO

Penulis

  • Candra Nur Wijayanti UST
  • Abdul Rahim Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Susmiati SD Negeri 1 Giripurwo, Kulon Progo, D.I.Yogyakarta

Abstrak

Penenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPS dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media audio visual siswa kelas V SD Negeri 1 Giripurwo Kulon Progo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Giripurwo Kapanewon Girimulyo Kabupaten Kulon Progo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa, lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan model problem based learning (PBL) berbantu media audio visual, sedangkan dokumentasi bertujuan untuk memperoleh informasi dari macam-macam sumber yang tertulis atau dari dokumen yang ada pada informan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil belajar kognitif dan analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Rerata nilai siswa pada saat pratindakan sebesar 60,88 dengan persentase ketercapaian kriteria keberhasilan sebesar 35,29%. Pada siklus I rerata nilai IPS siswa sebesar 66,67 dengan persentase ketercapaian kriteria keberhasilan sebesar 52,94% mengalami peningkatan sebesar 17,65%. Rerata nilai IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Giripurwo pada siklus II sebesar 76,47 dengan persentase ketercapaian kriteria keberhasilan sebesar 76,47% mengalami peningkatan 23,53% dibanding siklus I. Persentase tersebut telah memenuhi indikator keberhasilan dalam penelitian. Penelitian ini diharapkan dapat dilanjutkan dan dikembangkan agar menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi dunia pendidikan, khususnya dunia pendidikan Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Hasil belajar; IPS; Problem Based Learning; media audio visual

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Nur Wijayanti, C., Rahim, A., & Susmiati, S. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GIRIPURWO KULON PROGO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/358

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama