UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI KEMBANGSARI

Penulis

  • Henri Liawati Billy Saputri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Abdul Rahim Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Uun Laila Baroroh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstrak

Upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar tematik melalui model Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas III SD Negeri Kembangsari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar tematikĀ  melalui model Problem Based Learning pada peserta didik kelas 3 SD Kembangsari. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SD Kembangsari Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 siswa. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I keaktifan belajar siswa sebesar 57% dengan kategori sedang sedangkan pada siklus II sebesar 78% dengan kategori tinggi. Data prestasi belajar siswa pada siklus I menunjukkan rata-rata kelas adalah 70,04 sedangkan rata-rata pada siklus 2 adalah 80,1. Ketuntasan prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 64% sedangkan pada siklus II sebesar 84%. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, keaktifan dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 21 % dan ketuntasan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20%.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-28

Cara Mengutip

Saputri, H. L. B. ., Rahim, A. ., & Baroroh, U. L. . (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI KEMBANGSARI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/377

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama