Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Kata Kunci:
Project Based Learning, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran Project-Based Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Duwet Wonosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas IV di SD Negeri Duwet Wonosari yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perubahan pada motivasi belajar siswa dari semula 9 siswa (56,25%) berada dalam kategori cukup, 5 siswa (31,25%) berada dalam kategori baik, dan 2 siswa (12,5%) berada dalam kategori sangat baik menjadi 1 siswa (6,25%) berada dalam kategori cukup, 2 siswa (12,5%) berada dalam kategori baik, dan 13 siswa (81,25%) berada dalam kategori sangat baik.