Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Penulis

  • Endar Dwi Jayanti SDN Duwet Wonosari
  • Riski Srikonita SDN Sodo Paliyan
  • Ahniasari Rosianawati SDN Pucanganom1 Rongkop

Kata Kunci:

Project Based Learning, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran Project-Based Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Duwet Wonosari.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas IV di SD Negeri Duwet Wonosari yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perubahan pada motivasi belajar siswa dari semula 9 siswa (56,25%) berada dalam kategori cukup, 5 siswa (31,25%) berada dalam kategori baik, dan 2 siswa (12,5%) berada dalam kategori sangat baik menjadi 1 siswa (6,25%) berada dalam kategori cukup, 2 siswa (12,5%) berada dalam kategori baik, dan 13 siswa (81,25%) berada dalam kategori sangat baik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-28

Cara Mengutip

Endar Dwi Jayanti, Srikonita, R., & Ahniasari Rosianawati. (2024). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1434–1440. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1794

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.