Penggunaan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS tentang Bagian Tubuh Tumbuhan

Penulis

  • Mela Fitania Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Setuju Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sri Wijiastuti SDN 1 Ambalresmi Kebumen
  • Ika Wati Tresna Utami SDN 1 Ambalresmi Kebumen

Abstrak

: Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar IPAS tentang Bagian Tubuh Tumbuhan pada siswa kelas IV, dan (2) mendeskripsikan langkah penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar IPAS tentang Bagian Tubuh Tumbuhan pada siswa kelas IV melalui penggunaan model Project Based Learning di SDN 1 Ambalresmi Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian sebanyak 27 siswa dari kelas IVa, terdiri dari 10 perempuan dan 17 laki-laki. Objek penelitian adalah motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 77,5% dengan kategori baik dan pada siklus II mencapai 88% dengan kategori baik. Berdasarkan data tersebut, terjadi peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS tentang Bagian Tubuh Tumbuhan di Kelas IV melalui Model Project Based Learning di SDN 1 Ambalresmi.  

Kata Kunci: IPAS; motivasi belajar; project based learning

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Fitania, M., Setuju, Wijiastuti, S., & Utami, I. W. T. (2023). Penggunaan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS tentang Bagian Tubuh Tumbuhan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1145–1151. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1768