Penerapan Model PBL Berbantu Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Kelas V SDN 1 Ambalresmi

Penulis

  • Dian Anggraeni Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Setuju Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sri Wijiastuti SD Negeri 1 Ambalresmi, Kebumen

Kata Kunci:

Motivasi, PBL, Canva

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar melalui model PBL berbantu Canva pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 1 Ambalresmi, Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisa data deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Ambalresmi pada bulan Juli sampai Agustus 2023. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VA SDN 1 Ambalresmi dengan jumlah 23 peserta didik.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar IPAS pada peserta didik kelas VA SDN 1 Ambalresmi dapat ditingkatkan dengan menggunakan model PBL berbantu Canva. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik mulai dari pratindakan, sikus I, dan siklus II telah mencapai target yang telah ditetapkan oleh peneliti. Pada pratindakan terdapat 48% peserta didik yang memiliki motivasi belajar kategori tinggi. Pada siklus I, terdapat 65% peserta didik yang memiliki motivasi belajar kategori tinggi, dan pada siklus II terdapat 91% peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dan sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model PBL berbantu Canva dapat meningkatkan motivasi belajar IPAS peserta didik kelas V SDN 1 Ambalresmi, Kebumen.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-04

Cara Mengutip

Anggraeni, D., Setuju, & Wijiastuti, S. . (2024). Penerapan Model PBL Berbantu Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Kelas V SDN 1 Ambalresmi. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1282–1290. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1650