Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Pada Mapel IPAS Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas VI SD Negeri Prembulan

Penulis

  • Isnaeni Arum Kurniawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Kristi Wardani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Make A Match, Pembelajaran IPA

Abstrak

Penelitian berjudul “Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Pada Mapel IPAS Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas VI SD Negeri Prembulan” dilatar belakangi oleh adanya permasalahan kurangnya pemahaman dan kemampuan anak dalam melakukan kegiatan berkelompok atau kolaborasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan kolaborasi dengan menerapkan model Project Based Learning pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri Prembulan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratof (PTKK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian adalah siwa kelas IV SD Negeri Prembulan yang berjumlah 24 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualilatif dan kuantitatif untuk mengetahui presentase peningkatan keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningakatan sebesar 8,36% pada kegiatan siklus I hingga siklus II. Persentase tersebut telah memenuhi indikator ketercapaian yang telah ditentukan yaitu sebesar 7,5%. Bersadarkan kenaikan persentase tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas IV SD Negeri Prembulan.

 

Kata Kunci: Keterampilan; Kolaborasi; IPAS; Model Project Based Learning

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-03

Cara Mengutip

Kurniawati, I. A., & Wardani, K. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Pada Mapel IPAS Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas VI SD Negeri Prembulan . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 267–275. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1777

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama