Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Konkret

Penulis

  • Shelvia Demonika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Kristi Wardani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Pendekatan RME, Media Konkret, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar peserta didik menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media konkret pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Ngabean Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Ngabean Yogyakarta yang berjumlah 28 orang dengan rincian 14 peserta didik perempuan dan 14 peserta didik laki-laki. Model penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan RME berbantuan media konkret dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan hasil angket pratindakan rata-rata persentase sebesar 55,7% kategori kurang, setelah melakukan tindakan pada siklus I rata-rata persentase menjadi 69,8% kategori cukup, dan pada siklus II meningkat rata-rata persentase sebesar 79,7% dalam kategori baik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Cara Mengutip

Demonika, S., & Wardani, K. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Konkret . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1570–1578. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1714

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama