Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Dengan Menggunakan Model PBL Berbantuan Make A Match Pada Kelas V SD Negeri Ngabean Yogyakarta

Penulis

  • Rizki Tri Kurniawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Kristi Wardani
  • Irfan Cahyo Setiawan

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Make a Match, Pembelajaran IPA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Make A Match pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Ngabean Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Ngabean Yogyakarta yang berjumlah 25 orang dengan rincian 13 peserta didik perempuan dan 12 peserta didik laki-laki. Model penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan hasil angket rata -rata hasil pratindakan sebesar 57% dengan kriteria kurang, pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 75% dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata 81% dengan kriteria baik.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23

Cara Mengutip

Tri Kurniawati, R., Wardani, K., & Cahyo Setiawan, I. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Dengan Menggunakan Model PBL Berbantuan Make A Match Pada Kelas V SD Negeri Ngabean Yogyakarta. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 77–84. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1598

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama