Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Talking Stick Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Kelas III

Penulis

  • Rizki Putri Febiyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Kristi Wardani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sarjio SD Negeri Ngabean Yogyakarta

Kata Kunci:

problem based learning, talking stick, numerasi, penjumlahan dan pengurangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan model problem based learning berbantuan metode talking stick pada peserta didik kelas III SD Negeri Ngabean Yogyakarta.

Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas kolaboratif dengan subjek penelitian peserta didik kelas III SD Negeri Ngabean Yogyakarta yang berjumlah 25 peserta didik. Model penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning berbantuan metode talking stick meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik dengan hasil dari 25 peserta didik pada siklus I pembelajaran 1 dengan nilai rata-rata 76 dan pembelajaran 2 nilai rata-ratanya 79,2 sedangkan pada siklus II pada pembelajaran 1 dengan nilai rata-rata 82,4 dan pembelajaran 2 nilai rata-rata 84. Simpulan penelitian ini berhasil meningkatkan nilai rata-rata setiap siklusnya dan mencapai indikator keberhasilan 80%. 

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Febiyani, R. P., Wardani, K., & Sarjio, S. (2023). Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Talking Stick Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Kelas III. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1126–1133. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1757

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama