Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial melalui Metode Small Group Discussion pada Muatan PPKN Kelas V
Kata Kunci:
Keterampilan Sosial, Metode Small Group Discussion, Muatan PPKnAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan sosial siswa melalui metode Small Group Discussion pada Muatan PPKn. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Ngabean Yogyakarta yang terdiri dari 25 siswa (12 orang laki laki dan 13 orang perempuan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata 58,80 % pada siklus I meningkat ke 85,22 % pada siklus II. Hal ini berarti bahwa hasil penelitian sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu sebesar ≥ 75 % siswa aktif.