Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi

Penulis

  • Rizky Eka Oktavia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Kristi Wardani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Cahya Agustina SD Negeri Ngabean Yogyakarta

Kata Kunci:

IPAS, prestasi belajar, Problem Based Learning, video animasi

Abstrak

Abstrak: Problem Based Learning (PBL) merupakan sebuah model pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan yang mereka miliki dalam proses memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan proses kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiakan peningkatan prestasi belajar IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri Ngabean dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan video animasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Ngabean. Data yang digunakan berupa data kualitastif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan video animasi untuk meningkatkan prestasi belajar IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri Ngabean. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentases ketuntasan siklus I yaitu sebesar 80,36% kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 91,07%.

Kata Kunci: IPAS, prestasi belajar, Problem Based Learning, video animasi

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Oktavia, R. E., Wardani, K., & Cahya Agustina, C. A. (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 745–750. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1662

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama