Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung Melalui Penggunaan Metode Game-Based Learning Kelas II SDN Ngabean

Penulis

  • Nova Taufiq Hidayat Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Kristi Wardani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Istilah Mahmilipi SD Negeri Ngabean Yogyakarta

Kata Kunci:

kemampuan calistung, game-based learning, tema hidup rukun

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan calistung melalui penggunaan metode game-based learning pada tema 1 hidup rukun kelas II SDN Ngabean Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kolaboratif dengan menggunakan modal Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SDN Ngabean Yogyakarta dengan jumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode game-based learning meningkatkan kemampuan calistung pada tema hidup rukun peserta didik kelas 2 SDN Ngabean Yogyakarta dengan peningkatan pada siklus I pembelajaran 1 rata-rata 77,62 dengan presentase keberhasilan 61,9% dan pembelajaran 2 diperoleh rata-rata 79,05 dengan presentase keberhasilan 76,19%. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus II pembelajaran 1 dengan nilai rata-rata 80,48 dengan presentase keberhasilan 80,85% dan pembelajaran 2 diperoleh rata-rata 81,9 dengan presentase 90,47%.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Hidayat, N. T., Wardani, K., & Mahmilipi, I. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung Melalui Penggunaan Metode Game-Based Learning Kelas II SDN Ngabean. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1207–1215. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1753

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama