Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung Melalui Penggunaan Metode Game-Based Learning Kelas II SDN Ngabean
Kata Kunci:
kemampuan calistung, game-based learning, tema hidup rukunAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan calistung melalui penggunaan metode game-based learning pada tema 1 hidup rukun kelas II SDN Ngabean Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kolaboratif dengan menggunakan modal Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SDN Ngabean Yogyakarta dengan jumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode game-based learning meningkatkan kemampuan calistung pada tema hidup rukun peserta didik kelas 2 SDN Ngabean Yogyakarta dengan peningkatan pada siklus I pembelajaran 1 rata-rata 77,62 dengan presentase keberhasilan 61,9% dan pembelajaran 2 diperoleh rata-rata 79,05 dengan presentase keberhasilan 76,19%. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus II pembelajaran 1 dengan nilai rata-rata 80,48 dengan presentase keberhasilan 80,85% dan pembelajaran 2 diperoleh rata-rata 81,9 dengan presentase 90,47%.