Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Bakalan Menggunakan Model Pjbl Pada Mata Pelajaran Ipas

Penulis

  • Tri Prabowo Putro Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Murniningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

project based learning, keaktifan belajar, motivasi belajar, I PAS, penelitian tindakan kelas

Abstrak

 

Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Bakalan Menggunakan Model Pjbl Pada Mata Pelajaran Ipas. Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2023.

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V SDN Bakalan Bantul dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada dikelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, angket, dan dokumentasi.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran IPAS dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dari siklus I sebesar 64,06% meningkat pada siklus II sebesar 88,62%. Motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 61,53% meningkat pada siklus II sebesar 88,46%. Terbukti bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Putro, T. P., & Murniningsih. (2023). Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Bakalan Menggunakan Model Pjbl Pada Mata Pelajaran Ipas. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 873–893. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1591