Peningkatan Keterampilan Menulis Dan Berhitung Dengan Menggunakan Model PBL Puzzle Kelas I SDN Bakalan

Penulis

  • ulfah tri juliana universitas sarjanawiyata tamansiswa
  • Murniningsih
  • siti mahmudah

Kata Kunci:

matematika, problem based learning, puzzle

Abstrak

Peserta didik yang memiliki kesulitan belajar berhitung mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa simbol dalam berpikir, mencatat, dan mengkomunikasikan gagasangagasan yang berkaitan dengan kuantitas atau jumlah. Peserta didik mengalami kesulitan berhitung Matematika biasanya memiliki beberapa karakteristik salah satunya adalah keliru berhitung dalam penjumlahan maupun soal cerita. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa pengaruhnya model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan ketrampilan menulis dan berhitung dengan berbantuan media puzzle secara lisan maupun tulisan dalam pelajaran matematika tentang penjumlahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian tindakan: perencanaan, pelaksanaan, obervasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus yang dilakukan masing-masing 2 pertemuan. Pengumpulan data penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada pra-siklus memperoleh rata-rata sebesar 57,5% dan 56%, pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 68% (ketrampilan menulis), sebesar 70% (ketrampilan berhitung), dan pada siklus II memperoleh presentase sebesar 82% (ketrampilan menulis), sebesar 80% (ketrampilan berhitung). Dimana dengan adanya hasil diatas dapat dinyatakan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan ketrampilan menulis dan berhitung pada kelas IA dengan berbantuan media puzzle berhasil dan juga meningkat dari pra-siklus hingga siklus II.  

Kata Kunci: matematika, problem based learning, puzzle

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23

Cara Mengutip

juliana, ulfah tri, Murniningsih, & siti mahmudah. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Dan Berhitung Dengan Menggunakan Model PBL Puzzle Kelas I SDN Bakalan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 176–188. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1638