Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik

Penulis

  • Arum Alfiyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ermawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik di SD Negeri Monggang Pundong pada tahun ajaran 2023/2024.  Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran Talking stick pada peserta didik kelas III SD Negeri Monggang Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri Monggang Kapanewon Pundong Kabupaten Bantul. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 14 peserta didik terdiri dari 6 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas III SD Negeri Monggang ditemukan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki motivasi belajar yang rendah ketika pembelajaran tematik. Penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran Talking stick untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas III SD N Monggang Pundong. Proses pembelajaran  dilakukan  oleh  peneliti  dengan  menggunakan model pembelajaran Talking stick. Penlitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif melalui pendekatan  kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajarn talking stick pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas III SD Negeri Monggang Pundong, Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan yang cukup signifikan dari siklus I sebesar 57,5%  menjadi 85% pada siklus II, dengan jumlah peserta didik yang memiliki motivasi belajar 6 peserta didik menjadi 12 peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-06

Cara Mengutip

Alfiyani, A., & Ermawati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 43–49. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1572