Upaya Meningkatkan Kedisiplinan dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model PBL Kelas IV SDN Monggang

Penulis

  • Destiarini Mahardika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ermawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

hasil belajar IPAS, kedisiplinan, problem based learning

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini berlatarbelakang rendahnya kedisiplinan dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan sikap kedisiplinan dan hasil belajar IPAS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sesuai dengan model dari Kemmis & Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Penilaian sikap kedisiplinan dilaksanakan dengan melakukan wawancara dengan guru kelas dan observasi, sedangkan penilaian hasil belajar IPAS dengan soal tes di akhir pembelajaran setiap siklus. Objek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Monggang Pundong tahun pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian yaitu (1)penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik dan (2) penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan dan hasil belajar IPAS peserta didik dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran PBL.  

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23

Cara Mengutip

Mahardika, D., & Ermawati. (2023). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model PBL Kelas IV SDN Monggang. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 148–158. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1663