Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Jigsaw di Kelas VI A SD Negeri Monggang Pundong

Penulis

  • Fika Ari Widyaningrum Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ermawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

IPS, Jigsaw, Motivasi dan hasil belajar, PTK, SD

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada kelas VI SD Negeri Monggang Pundong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas VI SD Negeri Monggang Pundong yang berjumlah 20 peserta didik. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM peserta didik dari kegiatan pratindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 30%, pada siklus I sebesar 40%,  sedangkan pada siklus II sebesar 85%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan motivasi belajar peserta didik dari pratindakan sebesar 45%, siklus I sebesar 70%,  sedangkan pada siklus II sebesar 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran IPS materi ASEAN di kelas VI A dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Widyaningrum, F. A., & Ermawati. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Jigsaw di Kelas VI A SD Negeri Monggang Pundong. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 571–577. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1678