Peningkatan Hasil Belajar Ipas Bagian Tubuh Tumbuhan Menggunakan Project Based Learning Siswa Kelas IV
Kata Kunci:
Hasil Belajar, IPAS, Model project based learningAbstrak
Peningkatan Hasil Belajar Ipas Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dengan menggunakan Model Project Based Learning pada Peserta Didik Kelas IV Di SD Negeri Golo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPAS materi Bagian Tubuh Tumbuhan dengan menggunakan Model Project Based Learning pada Peserta Didik Kelas IV Di SD Negeri Golo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa deskripsi kualitatif.
Hasil penelitian penggunaan Model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar pada siklus I 28,5% dengan jumlah 6 peserta didik yang tuntas sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,7% jumlah 18 peserta didik yang tuntas dari 21 peserta didik. Sehingga peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II meningkat sebanyak 57,2 %. Pada penelitian ini hanya sampai pada siklus II karena jumlah persentase hasil belajar sudah lebih dari 75% yang menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan berhasil. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning ternyata dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi bagian tubuh tumbuhan pada peserta didik kelas IV di SD Negeri Golo.