Meningkatkan Aktivitas Belajar Dengan Kartu Simulasi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Siswa SD Kelas 3

Penulis

  • Anita Lestari ustjogja
  • Siti Rochmiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yuliah Dwi Islamiyati SD N Rejowinangun 1

Kata Kunci:

Aktivitas Belajar, Kartu Simulasi, Problem Based Learning (PBL).

Abstrak

Tujuan  penelitian  ini  adalah:  (1)  Untuk  mengetahui  cara  meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengna kartu simulasi di kelas III SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta tahun 2023; (2) Seberapa besar pengaruh kartu simulasi terhadap aktivitas belajar peserta didik di kelas III SD Negeri Rejowinangun 1 tahun 2023. Pada siklus I dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang diamati dalam aktivitas minat belajar peserta didik ada 22 anak yang masuk dalam kategori “Baik” yaitu: (1) Mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru, (2) Ketertarikan   peserta   didik   untuk   belajar,  menggunakan   media pembelajaran, sedangkan 6 aktivitas minat belajar peserta didik masih dalam kategori “Cukup Baik” yaitu: (1) aktif bertanya, (2) bertanya pada guru, (3) berdiskusi dengan teman, dan (4) menyimpulkan. Pada siklus II dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) ada 26 peserta didik yang diamati dalam aktivitas dan minat belajar peserta didik yang masuk dalam kategori “Baik” yaitu: (1) Mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru, (2) Ketertarikan  peserta  didik  untuk belajar, (3) bertanya pada guru, dan (4) berdiskusi dengan, sedangkan 2 aktivitas peserta didik masih   dalam   kategori   “Cukup   Baik”   yaitu:   (1)   aktif   dalam   bertanya,   (2) bertanya pada guru, (3) berdiskusi dengan teman. Kesimpulannya penelitian ini adalah dapat meningkatkan aktivitas belajar dengan kartu simulasi berbasis Problem Based Learning siswa SD .

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-28

Cara Mengutip

Lestari, A., Rochmiyati, S. ., & Islamiyati, Y. D. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar Dengan Kartu Simulasi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Siswa SD Kelas 3. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1361–1376. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1779