Meningkatkan Aktivitas Belajar Dengan Kartu Simulasi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Siswa SD Kelas 3
Kata Kunci:
Aktivitas Belajar, Kartu Simulasi, Problem Based Learning (PBL).Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengna kartu simulasi di kelas III SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta tahun 2023; (2) Seberapa besar pengaruh kartu simulasi terhadap aktivitas belajar peserta didik di kelas III SD Negeri Rejowinangun 1 tahun 2023. Pada siklus I dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang diamati dalam aktivitas minat belajar peserta didik ada 22 anak yang masuk dalam kategori “Baik” yaitu: (1) Mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru, (2) Ketertarikan peserta didik untuk belajar, menggunakan media pembelajaran, sedangkan 6 aktivitas minat belajar peserta didik masih dalam kategori “Cukup Baik” yaitu: (1) aktif bertanya, (2) bertanya pada guru, (3) berdiskusi dengan teman, dan (4) menyimpulkan. Pada siklus II dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) ada 26 peserta didik yang diamati dalam aktivitas dan minat belajar peserta didik yang masuk dalam kategori “Baik” yaitu: (1) Mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru, (2) Ketertarikan peserta didik untuk belajar, (3) bertanya pada guru, dan (4) berdiskusi dengan, sedangkan 2 aktivitas peserta didik masih dalam kategori “Cukup Baik” yaitu: (1) aktif dalam bertanya, (2) bertanya pada guru, (3) berdiskusi dengan teman. Kesimpulannya penelitian ini adalah dapat meningkatkan aktivitas belajar dengan kartu simulasi berbasis Problem Based Learning siswa SD .