Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Flashcard Berbasis PBL Pada Siswa SD Kelas III

Penulis

  • Dwi Esti Hadiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Siti Rochmiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yuliah Dwi Islamiyati SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta

Kata Kunci:

Minat, Flashcard ,PBL

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini fokus pada masalah siswa yang tidak tertarik dengan pelajaran. Tujuan adalah untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar. Studi Tindakan Kelas dilakukan dikelas IIIA dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa, 19 orang diantaranya adalah perempuan serta 9 laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pada bulan Juli 2023 sampai dengan Agustus 2023, dengan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus terdapat empat aktivitas yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa angket minat belajar siswa pada siklus I mencapai 70,83% dan angket minat belajar siswa pada siklus 2 mencapai 81,71%. Dan hasil observasi minat belajar siswa pada siklus 1 mencapai 62,5% dan siklus 2 mencapai 89,55 %. Selain itu, penelitian, dapat disimpulkan observasi minat belajar siswa pada siklus 2 menggunakan media flashcard bisa menaikkan minat belajar siswa kelas IIIA di SD Negeri Rejowinangun 1.  Penelitian ini dapat memberikan gambaran kepada pengajar bahwa penggunaan flashcard bisa digunakan menjadi bahan pembelajaran dan penelitian selanjutnya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Hadiyati, D. E., Rochmiyati, S., & Islamiyati, Y. D. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Flashcard Berbasis PBL Pada Siswa SD Kelas III . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1171–1178. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1688