Meningkatkan Keterampilan Menulis Pengamalan Pancasila Berbasis Project Based Learning Pada Siswa Kelas II SD

Penulis

  • Maghfiroh Rifani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Siti Rochmiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yuliah Dwi Islamiyati SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta

Kata Kunci:

Keterampilan Menulis, Pengamalan Pancasila, Project Based Learning

Abstrak

Kemampuan menulis sangat penting untuk mengembangkan kemampuan berfikir secara kritis, rasional, dan kreatif. Namun siswa masih mengalami kebingungan dalam menggunakan pilihan kata-kata yang tepat untuk membentuk sebuah kalimat dalam tulisan. Siswa juga masih kurang mampu dalam menuangkan gagasan atau ide kedalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan menulis pengamalan pancasila berbasis project based learning siswa kelas II SD. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta dengan total 28 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah angket keterampilan menulis. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui presentase keterampilan menulis pengamalan pancasila siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis pengamalan pancasila siswa dari siklus I sebesar 69% kemudian meningkat pada siklus II sebesar 80%.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-16

Cara Mengutip

Rifani, M., Rochmiyati, S., & Islamiyati, Y. D. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menulis Pengamalan Pancasila Berbasis Project Based Learning Pada Siswa Kelas II SD. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 236–240. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1641