Upaya meningkatkan percaya diri dan hasil belajar melalui model problem based learning pada muatan matematika kelas II SDN Margoyasan

Penulis

  • Arrindha Shinta Maharani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Desy Rufaidah
  • Reny Riana Sari

Kata Kunci:

Percaya Diri, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstrak

Berdasarkan hasil obervasi di SDN Margoyasan, kurangnya rasa percaya diri dalam pelajaran matematika. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar yang rendah. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) upaya peningkatan percaya diri (2)upaya meningkatkan hasil belajar melalui model Problem Based Learning pada muatan matematika kelas II. PTK ini dilaksanakan selama 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 19 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, tes dan dokumentasi. Analis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil ini menunjukan bahwa penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan percaya diri dan hasil belajar pada siswa kelas II SDN Margoyasan sikap percaya diri kategori tinggi dengan 69% – 80% meningkat dari 11% menjadi 47% dan kategori tinggi dengan rentang persentase 81% – 100% stabil dari 42% tetap 42%. Kemudian adanya peningkatan hasil belajar kategori baik sekali dengan rentang persentase 100% meningkat dari 68% menjadi 100% dan peningkatan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning adanya peningkatan hasil belajar kategori sangat baik dengan rentang persentase 3,50 – 4,00 meningkat dari 3,0 menjadi 3,6. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan percaya diri  dan hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning pada siswa kelas II SDN Margoyasan.

 

  

Kata Kunci: Percaya Diri; Hasil Belajar; Problem Based Learning

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23

Cara Mengutip

Maharani, A. S., Rufaidah, D., & Riana Sari , R. (2023). Upaya meningkatkan percaya diri dan hasil belajar melalui model problem based learning pada muatan matematika kelas II SDN Margoyasan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 140–147. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1559