Upaya Peningkatan Kerja Sama dan Hasil Belajar Muatan IPS Melalui Model Problem Based Learning

Penulis

  • arifah khusnulwanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Desy Rufaidah
  • Reny Riana Sari

Kata Kunci:

Kerja Sama, hasil belajar, Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) peningkatan kerja sama peserta didik pada muatan IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Margoyasan dan (2) peningkatan hasil belajar peserta didik pada muatan IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Margoyasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Margoyasan yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum dilakukan tindakan kelas dengan model Problem Based Learning, kerja sama yang muncul memperoleh 40% dan hasil belajar hanya 18%. Setelah diadakan penelitian, diperoleh aktivitas kerja sama siswa pada siklus I dari 22 siswa mendapatkan persentase 52,5% dengan predikat “Kurang”. Pada siklus II sikap kerja sama meningkat dari 22 siswa mendapatkan persentase 90% dengan predikat “Sangat Baik”. Selain itu, berdasarkan data penelitian juga didapatkan hasil belajar siswa pada muatan IPS siklus I dari 22 siswa memperoleh persentasi 59% dengan predikat “Sedang”  dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dari 22 siswa dengan predikat “Sangat Tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terjadi peningkatan kerjasama dan hasil belajar muatan IPS siswa kelas V SD Negeri Margoyasan melalui model pembelajaran Problem Based Learning.  

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-03

Cara Mengutip

khusnulwanti, arifah, Rufaidah, D., & Riana Sari, R. (2023). Upaya Peningkatan Kerja Sama dan Hasil Belajar Muatan IPS Melalui Model Problem Based Learning. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 221–229. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1565