Upaya peningkatan kerja sama dan hasil belajar bahasa indonesia melalui model problem based learning kelas III sdn margoyasan

Penulis

  • Nurjannah Eka pradita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • desy rufaidah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Reni Riana Sari SD Negeri Margoyasan Yogyakarta

Kata Kunci:

Kerja Sama, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi di SDN Margoyasan menunjukan bahwa kurangnya kerja sama yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Margoyasan. Model Problem Based Learning merupakan salah satu alternatif  meningkatkan  kerja sama dan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kerja sama dan hasil belajar muatan Bahasa Indonesia melalui Problem Based Learning kelas III SDN Margoyasan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja sama dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Margoyasan dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi kerja sama pada siklus I rata-rata hasil observasi kerja sama siswa 53% meningkat pada siklus 2 menjadi 85% dengan kriterian ketuntasan kerja sama baik dan sangat baik. Hasil belajar siswa rata-rata siklus I 68% dan rat-rata hasil belajar siswa siklus II 82% dari jumlah siswa mencapai nilai KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar muatan Bahasa Indonesia kelas III SDN Margoyasan.

Kata Kunci: Kerja Sama, Hasil Belajar, Problem Based Learning.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

pradita, N. E., rufaidah, desy, & Sari, R. R. (2023). Upaya peningkatan kerja sama dan hasil belajar bahasa indonesia melalui model problem based learning kelas III sdn margoyasan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 796–802. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1552