Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Cacah Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas 4 SDN Margoyasan
Kata Kunci:
Minat, Prestasi Belajar, Matematika, Pembelajaran Berbasis MasalahAbstrak
Pembelajaran di sekolah perlu dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari agar siswa bisa meningkatkan pemahamannya, tetapi penerapan tersebut kurang dilakukan oleh guru sehingga menurunkan prestasi belajar dan minat belajar siswa di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan minat belajar dengan Pembelajaran Berbasis Masalah pada muatan matematika, dan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar dengan Pembelajaran Berbasis Masalah pada muatan matematika di kelas 4 SDN Margoyasan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, setiap masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Margoyasan dengan total 25 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik tes, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah angket dan tes belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif ntuk mengetahui presentase minat dan prestasi belajar Matematika siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan minat belajar siswa dari prasiklus sebesar 53% kemudian meningkat di siklus I sebesar 63% dan pada siklus II sebesar 75%. (2) Pada prestasi belajar siswa dikelas terjadi peningkatan dari nilai rata-rata kelas, pada prasiklus dengan nilai 60, kemudian meningkkat pada siklus I dengan nilai 72, dan meningkat pada siklus II dengan nilai 80.