Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Kelas V SDN Bangunharjo

Penulis

  • Alfin Refangga Restu Putra Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Arif Rohmanto SD Negeri Bangunharjo Yogyakarta

Kata Kunci:

Hasil Belajar Matematika; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Bangunharjo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang mencakup empat kali pertemuan yang terdiri dari tiga kali proses belajar mengajar dan satu kali tes siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bangunharjo Yogyakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak siswa yang terdiri atas 20 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi dan lembar respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Bangunharjo Yogyakarta setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT).  

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Putra, A. R. R., & Rohmanto, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Kelas V SDN Bangunharjo. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 840–847. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1604