Peningkatan Proses Pembelajaran Siswa Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Kelas IV Model TGT

Penulis

  • Dwi Widiningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Biya Ebi Praheto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Handoko SD Negeri 2 Pandowan

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Matematika, TGT

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan cacah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) di kelas IV SD Negeri 2 Pandowan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dapat Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Pandowan . Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru lebih membuat Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT yang lebih menarik dan bervariasi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Widiningsih, D., Praheto, B. E., & Handoko. (2023). Peningkatan Proses Pembelajaran Siswa Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Kelas IV Model TGT. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 528–545. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1698