Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Cacah Dengan Index Card Match Kelas V

Penulis

  • Nur Astuti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Biya Ebi Praheto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Handoko SD Negeri 2 Pandowan

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Matematika, Index Card Match

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan index card match siswa kelas V SD Negeri 2 Pandowan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 2 Pandowan yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah ≥75% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan index card match pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Pndowan. pembelajaran dengan menerapkan strategi Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran pada setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 63,1%, sedangkan pada siklus II persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 84,2%. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 21,1%.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Astuti, N., Praheto, B. E., & Handoko. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Cacah Dengan Index Card Match Kelas V. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1509–1520. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1699