Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas II Sekolah Dasar melalui Strategi Joyful Learning

Penulis

  • Nuri Ramadani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Biya Ebi Praheto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Handoko SD Negeri 2 Pandowan

Kata Kunci:

kemampuan kognitif; penjumlahan dan pengurangan; joyful learning

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil tes siswa dan wawancara dengan guru kelas II Sekolah Dasar. Penelitan ini bertujuan meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas II Sekolah Dasar pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan melalui strategi joyful learning.  Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain Kemmis & Mc. Taggart meliputi tahapan perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 2 Pandowan sebanyak 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, jurnal catatan guru, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan yaitu minimum sebesar 75% dari jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pembelajaran matematika yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi joyful learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada tiap siklus. Hasil tes kemampuan kognitif pada pratindakan siklus yaitu 50 % siswa tuntas dengan nilai rata-rata kelas 68,67 kategori “kurang”. Pada siklus I meningkat menjadi 75 % siswa tuntas dengan nilai rata-rata kelas 75,67 kategori “baik”. Pada siklus II meningkat kembali menjadi 83% dengan nilai rata-rata kelas 87,33 kategori “sangat baik”.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Nuri Ramadani, Biya Ebi Praheto, & Handoko. (2023). Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas II Sekolah Dasar melalui Strategi Joyful Learning. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 462–473. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1758