Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Peserta Didik Kelas IV SDN 7 Kebumen Melalui Penerapan Model Project Based Learning (PJBL)

Penulis

  • Isnaeni Subekti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Akbar Al Masjid Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Bintari SD Negeri 7 Kebumen

Abstrak

Abstrak: Peningkatan keterampilan menulis karangan peserta didik kelas IV SDN 7 Kebumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar  63,63% dan siklus II sebesar 83,33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan peserta didik kelas IV di SDN 7 Kebumen dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran PjBL.  

 

Kata Kunci: PjBL_1; keterampilan menulis karangan_2

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-24

Cara Mengutip

Subekti, I., Masjid, A. A. ., & Bintari, B. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Peserta Didik Kelas IV SDN 7 Kebumen Melalui Penerapan Model Project Based Learning (PJBL). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1033–1037. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1690