Peningkatan Kemampuan Kerjasama melalui Model Project Based Learning Kelas 3 SD Negeri 7 Kebumen

Penulis

  • Ayu Yuliana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Akbar Al Masjid
  • Emi Indargiyati

Kata Kunci:

kemampuan kerjasama; model project based learning; peserta didik sekolah dasar

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) bagi peserta didik kelas 3 SD Negeri 7 Kebumen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 SD Negeri 7 Kebumen. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan MC Taggart. Data dikumpulkan dengan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase rata-rata kemampuan kerjasama peserta didik yang meliputi 8 indikator yaitu memberikan pendapat dalam diskusi kelompok, berperan aktif dalam diskusi kelompok, terlibat aktif dalam pembuatan projek, bekomunikasi secara terbuka dengan anggota kelompok, menghargai pendapat anggota kelompok, memberikan kesempatan kepada anggota kelompok untuk ikut  serta dalam kegiatan kelompok, membantu anggota kelompok yang mengalami kesulitan, dan terlibat aktif dalam presentasi mengalami peningkatan. Hasil persentase rata-rata kemampuan kerjasama peserta didik  yang diperoleh pada prasiklus adalah 44% (kategori rendah) kemudian terjadi peningkatan sebesar 20% menjadi 64%  (kategori sedang) pada siklus I dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 19,5% menjadi 83,5% (kategori tinggi).

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Yuliana, A., Masjid, A. A., & Indargiyati, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Kerjasama melalui Model Project Based Learning Kelas 3 SD Negeri 7 Kebumen. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 627–634. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1752