Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Model Project Based Learning Berbantuan Kartu Kata

Penulis

  • Denista Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Akbar Al Masjid Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Emi Indargiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Vitri Yulianto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Keterampilan, Membaca Permulaan, Kartu Kata, Model Project Based Learning

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini upaya perbaikan dan peningkatan keterampilan membaca permulaan menggunakan media kartu kata. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 07 Kebumen yang berjumlah 11 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan tes keterampilan membaca pada akhir pertemuan per siklus. Data yang diperoleh per siklus dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media kartu kata dalam keterampilan membaca permulaan mengalami peningkatan dengan hasil sebagai berikut: pada data awal rata-rata nilai kelas 75,16 atau jumlah siswa yang tuntas hanya 4 siswa (36%) mengalami peningkatan menjadi 76,44 padasiklus 1 yaitu 6 siswa yang tutas (54 %).  Pada siklus ke- II dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 9 siswa (81%) atau rata-rata kelas meningkat menjadi 79,32 Oleh sebab itu, peneliti menyarankan untuk mengembangkan berbagai media pembelajaran yang digunakan untuk pemahaman siswa kelas rendah sekolah dasar terhadap materi pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Cara Mengutip

Denista, Al Masjid, A., Indargiyati, E., & Yulianto, V. . (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Model Project Based Learning Berbantuan Kartu Kata . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1579–1585. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1687