Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 7 Kebumen Tahun Ajaran 2023/2024
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Matematika, Problem Based LearningAbstrak
Penelitian ini didasarkan untuk mengembangkan model pembelajaran yang mendorong peningkatan pemahaman konsep materi matematika. Keaktifan peserta didik merupakan faktor penting yang berpengaruh pada peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian tindakan kelas dilakukan dua. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian, kesimpulan. Metode penelitian melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil belajar. Hasil belajar diukur melalui tes. Persentase ketuntasan belajar peserta didik pada tahap pra siklus sebesar 44%, pada siklus I sebesar 52% dan meningkat pada siklus II mencapai 92%. Hasil yang diperoleh menunjukkan ketercapaian indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik. Kesimpulannya bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika.