Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 7 Kebumen Tahun Ajaran 2023/2024

Penulis

  • Kamila Fathah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Akbar Al Masjid Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Matematika, Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini didasarkan untuk mengembangkan model pembelajaran yang mendorong peningkatan pemahaman konsep materi matematika. Keaktifan peserta didik merupakan faktor penting yang berpengaruh pada peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian tindakan kelas dilakukan dua. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian, kesimpulan. Metode penelitian melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil belajar. Hasil belajar diukur melalui tes. Persentase ketuntasan belajar peserta didik pada tahap pra siklus sebesar 44%, pada siklus I sebesar 52% dan meningkat pada siklus II mencapai 92%. Hasil yang diperoleh menunjukkan ketercapaian indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik. Kesimpulannya bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Fathah, K., & Al Masjid, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 7 Kebumen Tahun Ajaran 2023/2024. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1110–1120. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1767

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.