Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Besed Learning (PBL) Kelas III SD Negeri Mendungan 2

Penulis

  • Hanna Sofya Aulia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Agustina Sri Purnami Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Haryanti SD Negeri Mendungan 2 Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Matematika, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui keberhasilan model pembelajaran problem based learning pada muatan matematika dikelas 3 SD Negeri Mendungan 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada bulan Agustus. Penelitian ini dilakukan karena permasalahan rendahnya hasil belajar matematika dan kurangnya keaktifan terhadap proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adakah peserta didik kelas 3 SD Negeri Mendungan 2 dengan jumlah siswanya sebanyak 26, 13 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, Tes, dan Dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamata dan refleksi, pada siklus ke II dilakukan dengan tahapan yang sama dengan adanya perbaikan sesuai refleksi pada siklus I. analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini mendunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas 3 SD Negeri Mendungan 2 dapat meningkat setelah dilakukan tindakan pengunaan model problem based learning. Hasil penelitian ini pada kondisi awal memiliki rata-rata sebanyak 67,3 dengan presentasekeberhasilan peserta didiknya sebanyak 38.5%, dan pada siklus I meningkat menjadi rata-rata nilainya 70,9 dengan presentase ketuntasan 52%, dan pada siklus II mencapai rata-rata 77,6 dengan presentase keperhasilan peserta didik sebanyak 87%. Dari 2 siklus ini dapat mencapai indikator keberhasilan yang telah dibuat peneliti. Dapat  disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam proses pembelajaran matematika mampu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan keaktifan selama proses pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Cara Mengutip

Aulia, H. S., Purnami , P. ., & Haryanti. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Besed Learning (PBL) Kelas III SD Negeri Mendungan 2. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1586–1593. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1625

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.