Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Model Problem Based Learning
Kata Kunci:
Matematika, Motivasi Belajar Siswa, Problem Based LearningAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas II B SD Negeri Jurugentong. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II B SD Negeri Jurugentong yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif analisis deskriptif dan kuantitatif presentase. Indikator keberhasilan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika yaitu apabila mencapai presentase 60 % atau lebih dan dalam kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas II B SD Negeri Jurugentong melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis angket pra-siklus dengan rata-rata 36,6 presentase 29 % dengan kategori rendah. Tindakan pada siklus I diperoleh hasil analisis angket motivasi belajar siswa dengan rata-rata 55,4 presentase 44 % dengan kategori sedang. Pada siklus II diperoleh hasil analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan rata-rata 88,12 presentase 71 % dalam kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan, bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning di kelas II B SD Negeri Jurugentong.