Upaya Meningkatkan Keterampilan Berhitung Dan Motivasi Belajar Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Pengurangan Dan Penjumlahan Peserta Didik Kelas II SD Negeri Jarakan

Penulis

  • Wiwik Ikhsani Wiwik Ikhsani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Irham Taufiq Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Eni Suryati SD Negeri Jarakan Bantul

Kata Kunci:

problem based learning, motivasi belajar, keterampilan berhitung

Abstrak

Abstrak: Berdasarkan dari observasi awal yang dilakukan peneliti, pembelajaran matematika masih menjadi permasalahan di kelas yaitu pemahaman peserta didik dalam berhitung dan juga pembelajaran masih konvensional sehingga proses pembelajaran menjadi membosankan. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang bersifat berkelompok dan dapat menggunakan model pembelajaran berbasis PBL yang membuat pembelajaran lebih menarik. Dari hasil observasi peniliti dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sangat menyukai pembelajaran dengan sacara berkelompok menggunakan media ular tangga pada lembar kerja peserta didik. Harapanya dengan menggunakan media tersebut untuk meningkatkan kemampuan berhitung dan memotivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung dan motivasi belajar melalui model Problem Based Learning pada materi pengurangan dan penjumlahan peserta didik kelas II Sekolah Dasar di Bantul. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II A yang berjumlah 21 siswa tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan angket. Hasil penelitin ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berhitung dan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media nyata pada materi pengurangan dan penjumlahan. Hal tersebut dapat diketahui dari 21 siswa yang telah mengikuti pembelajaran selama dua siklus, hanya terdapat 9 siswa yang belum mencapai nilai KKM. Meningkatnya hasil belajar matematika terbukti dari hasil belajar yang meningkat setiap pertemuan. Nilai rata-rata sebelum adanya tindakan yaitu 62% yang belum mencapai KKM dengan jumlah siswa 12 orang. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 50,4 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM 9 orang. Siklus II menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata 68,5 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa.

  

Kata Kunci: problem based learning, motivasi belajar, keterampilan berhitung

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Wiwik Ikhsani, W. I., Taufiq, I. ., & Eni Suryati, E. S. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berhitung Dan Motivasi Belajar Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Pengurangan Dan Penjumlahan Peserta Didik Kelas II SD Negeri Jarakan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 592–599. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1735

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama