Upaya Meningkatkan Self-Regulated Learning dan Hasil Belajar Matematika Kelas II Melalui Model Problem Based-Learning

Penulis

  • Aninda Wahyu Ramadhani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Irham Taufiq Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Tri Widodo SD Negeri Jarakan Bantul

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Matematika, Problem based learning, self-regulated learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan self-regulated learning dan hasil belajar matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II Sekolah Dasar  di Bantul melalui penerapan problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi (PTK-K) yang dilaksanakan selama  2 siklus pada bulan Juli-Agustus 2023. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas II SD di Bantul tahun ajaran 2023-2024. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, tes, dan angket. Penelitian ini dapat dinyatakan berhasil apabila 80% siswa mencapai skor angket minimum dan mencapai nilai KKM yang sudah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan self-regulated learning dan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Hal tersebut dapat diketahui dari 22 siswa yang telah mengikuti pembelajaran selama 2 siklus, hanya terdapat 4 siswa yang belum mencapai nilai KKM. Nilai rata-rata  sebelum tindakan yaitu 59,7 dengan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 8 siswa. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 68,1 dengan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 11 siswa. Siklus II menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata 79,1 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 18 siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-14

Cara Mengutip

Ramadhani, A. W., Taufiq, I., & Widodo, T. (2023). Upaya Meningkatkan Self-Regulated Learning dan Hasil Belajar Matematika Kelas II Melalui Model Problem Based-Learning . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 64–69. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1669

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama