PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD N KARANGANYAR

Penulis

  • Kristiana Natalia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Irham Taufiq Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yustina Pertiwi Darmawanti SD N Karanganyar

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Tematik, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik dalam Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 pada siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based learning (PBL).

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar. Objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran tematik pada Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Instrumen-instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Langkah- langkah pembelajaran yang dilaksanakan yaitu (1) merumuskan pokok permasalahan, yang meliputi menganalisis masalah, memfokuskan masalah; (2) mengungkapkan fakta untuk menyelesaikan permasalahan; (3) memilih pendapat yang sesuai dengan kenyataan; (4) memberikan pendapat dari sudut pandang yang berbeda; (5) menyelesaikan masalah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar meningkat setelah digunakan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran tematik dengan Team 2 Subtema 2 Pembelajaran 1. Peningkatan ini terbukti pada peningkatan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata studi awal sebesar 59,33 menjadi 67,33 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 86,00 pada siklus 2. Siswa yang mencapai ketuntasan mengalami peningkatan dari 33,33% pada studi awal menjadi 60% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 93,33% pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD N Karanganyar.

Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Tematik

Diterbitkan

2022-10-28

Cara Mengutip

Natalia, K., Taufiq , I., & Darmawanti , Y. P. . (2022). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD N KARANGANYAR. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/375

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.