UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV SDN 3 BUNGU KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA

Penulis

  • Rian Burhani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dan SD Negeri 3 Bungu, Jepara

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Tematik, Problem Based Learning

Abstrak

      Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SDN 3 Bungu Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik melalui model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada bulan April dan Siklus II dilaksanakan pada bulan Mei. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 3 Bungu Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara dengan jumlah 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki- laki dan 12 siswa perempuan.

      Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SDN 3 Bungu Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Peningkatan hasil belajar tematik diketahui dengan hasil tes pada Siklus I dan Siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata- rata dan persentase ketuntasan klasikal. Rata- rata nilai siswa pada kondisi awal 58 dengan ketuntasan klasikal sebesar 45% (10 siswa) dari 22 siswa yang mencapai nilai ≥ 65 (nilai KKM). Rata-rata nilai siswa pada siklus I sebesar 65 dengan ketuntasan klasikal sebesar 68% (15 siswa) yang mencapai nilai ≥ 65 (nilai KKM). Rata-rata nilai siswa pada siklus II sebesar 72 dengan ketuntasan klasikal 82% (18 siswa) yang mencapai nilai ≥ 65 (nilai KKM).

Diterbitkan

2022-10-28

Cara Mengutip

Burhani, R. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV SDN 3 BUNGU KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/380

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.